Caleg terpilih khawatirkan penambahan kursi

BANJARNEGARA - Kalangan partai politik masih khawatir dengan penambahan jumlah kursi DPRD dari 45 menjadi 50. Mereka takut adanya penambahan lima kursi akan menimbulkan persoalan hukum di kemudian hari, mengingat ada rumor kalau jumlah penduduk di Banjarnegara belum mencapai 1 juta jiwa.

"Kami harap persoalan ini "di-clear- kan", karena di luar berkembang rumor bahwa jumlah penduduk Banjarnegara belum mencapai 1 juta. Dengan demikian jumlah kursi DPRD masih 45, bukan 50," kata Rakam Zaenudin, caleg terpilih dari PDIP yang menjadi saksi dalam rapat pleno KPU penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih, di Pendapa Dipayuda Adigraha, Jumat (15/5). Selain dihadiri saksi parpol, acara dihadiri bupati dan wakil Banjarnegara, jajaran muspida dan sekda.

Menanggai itu, Ketua KPU Banjarnegara Wahyu Setyawan mengatakan, jumlah penduduk Banjarnegara sudah di atas 1 juta jiwa. Per 5 April jumlah penduduk adalah 1.905 jiwa. "Data tersebut dari Depdagri per 5 April yang berdasarkan agreget di tiap-tiap kecamatan. Karena itu, sudah berkekuatan hukum," katanya.

Dengan demikian, lanjut dia, apabila ada pihak yang mempersoalan hal itu maka tidak memiliki dasar hukum. "Tidak ada yang melanggar hukum dalam penetapan jumlah kursi. Semua itu ada dasar hukumnya, termasuk juga alokasi kursi di dapil 2 sebanyak 13," katanya.

Sementara itu, hasil perhitungan kemarin, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar berhasil meraih kursi terbanyak yang masing-masing menempatkan delapan wakilnya dengan total perolehan suara 61.812 suara (PAN) dan 51.584 suara (partai Golkar) di DPRD Banjarnegara priode 2009-2014.

Di urutan kedua PDI Perjuangan dengan tujuh kursi dengan 63.523 suara, dan urutan ketiga PKS dan PPP yang masingmasing memperoleh enam kursi dengan 55.921 suara (PPP) dan 36.507 suara (PKS).

Sedangkan Partai Demokrat dan PKB masing masing mendapatkan jatah lima kursi dari 48.611 suara (Partai Demokrat) dan 45.065 suara (PKB). Sementara itu, tiga partai pendatang baru, yakni Partai Gerindra meraih tiga kursi dengan 17.431 suara, PDP satu kursi dengan 15.458 suara, serta PKNU meraih satu kursi dengan 8.758 suara. ito-ip

http://www.wawasandigital.com/index.php?option=com_content&task=view&id=30611&Itemid=53


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masuk SD Negeri 4 Krandegan Banjarnegara dipungut Rp 1,3 juta

BANJARNEGARA : TANPA PERBAIKAN JALAN; Desa Wisata Gumelem Sulit Terwujud

Banjarnegara : Mayat wanita di Waduk Mrica ternyata korban bunuh diri