Trayek Banjarnegara-Dieng kurang dilirik pengusaha

BANJARNEGARA - Upaya Pemkab Banjarnegara membuka trayek pariwisata dari kota Banjarnegara ke objek wisata Dataran Tinggi Dieng belum terealisasi. Meski sudah lama ditawarkan namun hingga kini belum ada satupun pengusaha angkutan yang berminat.

"Kami sudah berkali-kali tawarkan kepada mereka (pengusaha angkutan-red) dalam berbagai kesempatan. Namun belum ada yang tertarik. Alasannya karena sepi, sehingga sulit modal kembali, " kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Supriyo.

Dikatakan Supriyo, trayek wisata Banjarnegara - Dieng yang ditawarkan melalui dua jalur. Yakni, Banjarnegara - Karangkobar - Wanayasa - Sibebek - Batur - Dieng dan Banjarnegara - Karangkobar - Pejawaran - Batur - Dieng. Jalan yang akan dilewati adalah jalan nasional dan provinsi. "Mereka bebas memilih jalur mana," katanya.

Minimnya trayek Banjarnegara - Dieng disayangkan warga Batur. Kepala Desa Sumberrejo, Kecamatan Batur Subroto mengatakan, akibat minimnya angkutan membuat masyarakat Batur lebih banyak mendistribusikan hasil pertaniannya ke Wonosobo bukan ke Banjarnegara. Padahal, beberapa kota kecamatan menuju Batur cukup potensial untuk memasarkan hasil pertanian tersebut.

"Selama ini para petani lebih mudah memasarkan hasil bumi mereka ke Wonosobo karena angkutan yang tersedia jauh lebih memadai ketimbang ke Banjarnegara yang cuma ada tiga unit mikro bus," katanya.

Dengan armada mikrobus hanya tiga unit seringkali masyarakat harus menunggu beberapa jam untuk mendapatkan angkutan. Akhirnya untuk transaksi ekonomi mereka lebih banyak ke Wonosobo. ito-ip


sumber : wawasandigital.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masuk SD Negeri 4 Krandegan Banjarnegara dipungut Rp 1,3 juta

BANJARNEGARA : TANPA PERBAIKAN JALAN; Desa Wisata Gumelem Sulit Terwujud

Banjarnegara : Mayat wanita di Waduk Mrica ternyata korban bunuh diri