Listrik bocor ke tiang pancang, 1 warga tewas

BANJARNEGARA - Miskun (49), warga RT 01 RW VI Desa Merden, Kecamatan Purwonegoro, Banjarnegara, Sabtu (23/5) siang tewas dengan tubuh luka bakar, karena memegang kabel tiang pancang togor listrik PLN.

Kejadian bermula ketika korban yang kesehariannya bekerja sebagai buruh serabutan sedang membersihkan pekarangan rumah milik Santareja, sekitar pukul 13.30. Tanpa sengaja korban memegang kabel tiang pancang togor listrik yang ada di dekatnya. Nahasnya, kabel tiang pancang togor mengandung aliran listrik, karena ada kebocoran dari kabel induk.

"Dulu di togor itu terdapat lampu penerang jalan. Sejak beberapa bulan lalu penerang jalan itu mati karena tidak dirawat. Entah kenapa kabel bekas penerang jalan yang masih mengandung listrik itu menempel ke kabel tiang pancang, " kata Jiwan (47), tetangga korban.

Korban meninggal di tempat dengan tangan masih berpegangan pada kabel tiang pancang. Kejadian itu pertama kali diketahui oleh Wahyudin dan Sajim yang saat tak jauh dari lokasi kejadian. Namun mereka tak bisa berbuat banyak karena takut ikut kesetrum.

Jasad korban baru diambil setelah petugas PLN datang untuk mengambil kabel bekas lampu penerang jalan. Jasad korban langsung dibawa ke rumah duka untuk segera disemayamkan tanpa dibawa ke rumah sakit untuk visum dokter.

Istri korban, Sukarni sempat tak sadarkan diri beberapa saat, begitu mengetahui suaminya tewas mengenaskan.

Tokoh masyarakat Merden yang juga anggota DPRD Banjarnegara, Tudji Hadi Suwito mengatakan, keajian tersebut merupakan potret lemahnya pihak PLN dalam mengontrol jaringan. Apalagi berdasarkan ingatannya sudah ada enam orang meninggal akibat kesetrum listrik PLN. Biasanya saat menanam pohon.

"Mestinya ketika petugas melakukan pengontrolan jaringan, teliti. Jika ada dahan atau ranting pohon yang dekat segera dipotong. Begitu juga jika mengetahui peralatan yang tak berfungsi untuk dilepas, sehingga tak membahayakan warga," ujar Tudji HS. ito-T

http://www.wawasandigital.com/index.php?option=com_content&task=view&id=30684&Itemid=53

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masuk SD Negeri 4 Krandegan Banjarnegara dipungut Rp 1,3 juta

BANJARNEGARA : TANPA PERBAIKAN JALAN; Desa Wisata Gumelem Sulit Terwujud

Banjarnegara : Mayat wanita di Waduk Mrica ternyata korban bunuh diri