Feed subscription content brought to you by RSSFWD - Blue Sky Factory

RSSFWD

banjarnegara - Google Warta

Google Warta // via fulltextrssfeed.com

Warga Banjarnegara Gelar Ritual Minta Hujan - Media Indonesia
9:26:50 AM

Penulis : Liliek Dharmawan

Jumat, 30 September 2011 19:58 WIB     

BANJARNEGARA--MICOM: Warga Desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan, Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng) menggelar Ujungan yang merupakan ritual meminta hujan. Ritual ini digelar karena warga makin sulit mendapatkan air.

Ritual Ujungan yang dilangsungkan di Lapangan Desa Gumelem Wetan, Jumat (30/9) dipadati ratusan warga yang ingin menontonnya. Koordinator ritual Ujungan, Sanuri mengungkapkan bahwa biasanya ritual ini dilaksanakan pada saat kemarau panjang.

"Tahun ini kemarau cukup panjang, berbeda dengan musim kemarau tahun sebelumnya yang masih ada hujan. Karena itu, kami secara swadaya menggelar ritual Ujungan," jelas Sanuri.

Dijelaskan, ritual Ujungan merupakan budaya turun temurun nenek moyang mereka untuk meminta hujan kepada Sang Maha Pencipta. "Ritual Ujungan ini diikuti oleh dua orang peserta yang saling memukul pada bagian kaki dengan rotan. Waktunya pendek-pendek. Paling-paling hanya sekali dua kali pukul, setelah itu selesai," kata dia.

Ritual Ujungan ini biasanya dilaksanakan pada Jumat. "Saat ini merupakan ritual Ujungan yang pertama. Kalau dalam ritual Ujungan kali ini, peserta yang saling pukul dengan menggunakan rotan tersebut belum berdarah, maka hujan biasanya belum turun. Sampai sekarang belum ada peserta yang dipukul rotan berdarah. Kalau demikian, maka pada Jumat berikutnya bakal digelar Ujungan lagi,"jelasnya. (LD/OL-04)



RSSFWD - From RSS to Inbox You are subscribed to email updates from BlueSkyFactory - RSSFWD
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masuk SD Negeri 4 Krandegan Banjarnegara dipungut Rp 1,3 juta

BANJARNEGARA : TANPA PERBAIKAN JALAN; Desa Wisata Gumelem Sulit Terwujud

Banjarnegara : Mayat wanita di Waduk Mrica ternyata korban bunuh diri